Penyakit Komorbid Penyumbang Angka Kematian Pasien Covid-19 di Sulut

MANADO –Tingginya pengidap tubercolosis (TBC) jadi salah satu penyumbang angka kematian akibat Covid-19 di Sulawesi Utara (Sulut) yang terus meningkat.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sulut dokter Stevel Dandel MPH mengatakan, hingga kini jumlah Kasus kematian akibat Virus Corona di Sulawesi Utara mencapai 34 orang, dan sebagian besar disebabkan adanya penyakit komorbid seperti TBC, Paru, Hipertensi dan jantung.

“Untuk kasus yang meninggal bertambah 4 orang yakni kasus 175, 273, 277, 279, dan kasus 280, rata-rata memiliki penyakit komorbid, sehingga mempengaruhi infeksi jika tedapat covid-19,” jelas Dandel (27/5/2020).

Dandel berharap masyarakat tetap mematuhi protokol Covid-19 yakni menerapkan physical distancing dan social distancing, selalu memakai maker, rajin mencuci tangan, hindari kerumunan dan keramaian, serta gunakan hand sanitizer, karena kasus Virus Corona di Sulawesi Utara belum berakhir.

“Mari kita memberikan support kepada mereka yang masih dirawat di sejumlah rumah sakit, dan terus berdoa agar covid-19 bisa berlalu, karena masih ada 209 kasus yang masih menjalani perawatan,” harap Dandel.

(Tim Redaksi)

Author: redaksi Indosulut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *