Tanpa Pangdam XIII Merdeka serta Danlanudsri, TNI Polri Tetap Kompak Jalankan Baksos Hingga ke Perbatasan NKRI

Foto : Kapolda Sulut serta Danlantamal VIII Manado disambut secara Adat oleh Forkompinda Kabupaten Kepulauan Talaud.

TALAUD, INDOSULUT – Meski tanpa kehadiran Pangdam XIII Merdeka serta Danlanudsri yang berhalangan karena tugas lain, TNI- Polri tetap kompak bersama Pemerintah Daerah menggelar Bakti Sosial (Baksos) pembagian sembako kepada warga di Kabupaten Kepulauan Talaud yang terdampak Pandemi Covid-19.

Kegiatan ini dihadiri langsung Kapolda Sulut Irjen Pol Royke Lumowa, MM, Danlantamal VIII Manado Brigadir Jenderal (Mar) Donar Philip Rompas dan Dir Polairud Polda Sulut Kombes Pol Edward Indharmawan, EC, SIK, MH, serta perwakilan Kodam XIII Merdeka, sedangkan Wakil Gubernur Sulut langsung kembali ke Manado dalam tugas lain.

Rombongan menempuh perjalanan laut menggunakan jet ski dari pelabuhan Kabupaten Sitaro kemudian menuju ke wilayah utara Indonesia di Kabupaten Kepulauan Talaud.

Dikawal oleh Kapal Patroli Rasendria Sahwahita Tungga KPC RST XV-2001 dan Kapal Patroli Balakosa Wasudha / Tactical BW – 01, rombongan tiba di Pelabuhan Speed Melonguane sekitar pukul 17.05 Wita, rombongan disambut secara adat oleh Tokoh Adat dan Forkopimda Kabupaten Kepulauan Talaud.

Kapolda Sulut yang menggunakan Jet Sky tiba di Dermaga Kabupaten Talaud.

Rombongan selanjutnya berjalan kaki menuju ke lokasi kegiatan yang berjarak sekitar 30 meter dari lokasi Pelabuhan Speed Melonguane yakni di Pantai SWM Melonguane.

Dalam kegiatan Bakti Sosial yang berlokasi di Pantai SWM Melonguane, Kapolda Sulut dan Danlantamal menyerahkan bantuan sembako secara simbolis kepada 10 warga pesisir di Kabupaten Lepulauan Talaud.

Kapolda dalam sambutanya mengungkapkan tekadnya bersama Danlantamal VIII Manado, menembus laut perbatasan utara NKRI dengan menggunakan jet sky itu semata untuk berbagi rasa bersama masyarakat yang ada di Perbatasan Indonesia-Filiphina yakni Kabupaten Kepulauan Talaud.

“Sila kelima itu saling berbagi pada setiap insan, sama dapa sama rasa, yang punya ‘kase’ (saling berbagi) red. yang tidak punya terima dengan senang hati,” ucap Kapolda.

Mantan Kakorlantas Polri dan Kapolda Maluku itu mengajak seluruh masyarakat Talaud untuk tidak perlu takut terhadap Corona Virus, dimana menurutnya, meski di jaman Korona tidak boleh sedih, susah, tetapi senang terus dan giat berolahraga.

“Tidak perlu takut dengan Korona, bila perlu kita berdamai dengan Korona. Caranya, jaga jarak, rajin cuci tangan, pakai masker,” ajak Kapolda.

Tak hanya itu, ia juga meminta masyarakt terutama para pemuda agar memiliki semangat untuk cinta tanah air, saling memberi, saling menghormati itu tinggi.

“Jadi kita siasati corona ini kita saling cinta sama sesama kita, saling menyayangi, senasib seperjuangan di jaman susah ini di seluruh negeri,” ungkapnya.

Kapolda Lumowa menyerahkan paket Sembako kepada warga pesisir.

Kunjungan Kapolda Sulut ke Talaud mendapat apresiasi hangat dari Bupati Kepulauan Talaud Elly Engelbert Lasut.

“Semoga kedatangan ini menjadi kenangan yang luar biasa, sebab masyarakat berkerinduan bertemu langsung meski dalam situasi new normal Covid-19,” ungkap Bupati.

Setelah menyerahkan bantuan sembako, rombongan Kapolda dan Danlantamal VIII kemudian melanjutkan untuk makan malam dan beristirahat di Talaud, karena pada Minggu (7/6/2020) pagi rombongan akan menuju ke Pulau Miangas dan Kabupaten Sangihe.

(I K Lumenta)

Author: redaksi Indosulut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *