Cara Balai TNB Manado Promosikan Hasil Olahan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19

MANADO, INDOSULUT – Balai Taman Nasional Bunaken (TNB) Manado, melakukan penguatan ekonomi masyarakat di sekitar kawasan Taman Nasional Bunaken (TNB) yang terdampak pandemi Covid-19, dengan melalukan promosi hasil olahan kelompok masyarakat TNB, Selasa (9/6/2020).

Produk olahan kelompok masyarakat itu antara lain abon ikan, ikan garam, halua kenari yang merupakan sektor penggerak ekonomi keluarga. Produk kelompok masyarakat sekitar kawasan TN Bunaken tersebut selama masa pandemi Virus Corona terhenti dan tidak dapat terjual.

Balai TNB Manado kemudian membeli produk tersebut dan membagikan sekaligus sebagaia ajang promosi kepada petugas di posko Gugus Tugas Covid-19 di kota Manado, dan sejumlah lokasi sebagai bentuk solidaritas kepada petugas garda terdepan Covid-19 antara lain (BNPB, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Satpol PP, TNI/Polri, dan relawan) yang melakuan penjagaan di pos pemeriksaan di sekitar kawasan TN Bunaken serta pos-pos masuk menuju Kota Manado.

Kepala Balai Taman Nasional Bunaken Dr Farianna Prabandari menyampaikan, dalam masa pandemi ini kami berusaha menggerakan ekonomi kelompok masyarakat yang selama ini menjadi binaan.

“Ada 300 paket yang telah dikemas dan berasal dari produk olahan masyarakat di sekitar TNB, kemudian dibagikan kepada petugas di posko, petugas kebersihan, dan sektor transportasi seperti pengemudi angkot dan ojek online,” kata Farianna, Selasa (9/6/2020).

Ia mengatakan, pemberdayaan ini sekaligus mempromosikan hasil produksi kelompok masyarakat untuk menunjang sektor wisata di tengah pandemi Covid-19.

“Produk masyarakat ini selain menunjang ekonomi keluarga dapat mengurangi tekanan terhadap kawasan, mengingat hasil produksinya bukan dari perikanan karang,” tutup Farianna.

(I K Lumenta)

Author: redaksi Indosulut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *