Hormati UU Pers Tentang Netralitas, Wartawan Ini Mundur dari Media

Foto Ilustrasi

MANADO – Netralitas seorang jurnalis harus dijunjung tinggi dalam menjalankan pekerjaannya sehari-hari. Selain harus membuat produk berita yang berimbang dan independen, jurnalis juga dituntut tidak boleh menjadi juru kampanye (jurkam) untuk memenangkan salah satu pasa calon di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), sesuai undang-undang Pers yang berlaku.

Dengan alasan tersebut, salah satu wartawan online lokal di media manadotempo.com Tonny ‘Inot’ Mait langsung menyatakan mengundurkan diri dari profesi jurnalis karena bergabung di tim pemenangan pasangan Bakal Calon Walikota Prof Julyeta Paulina Amelia Runtuwene dan calon Wakil Walikota DR Harley Mangindaan SE MSM (JPAR-AiM).

Inot sapaan akrab Tonny Mait mengatakan  pengunduran dirinya selaku wartawan di media online manadotempo milik PT Manado Tempo Pers karena keterlibatan dalam kontestasi politik menjadi tim pemenangan akan mempengaruhi netralitas wartawan.

Langkah itu pun langsung diapresiasi tim PAHAM.
“Ini bentuk tanggung jawab untuk menjaga dan melindungi kemerdekaan pers. Tentunya  harus menjaga prinsip-prinsip kemerdekaan pers yang profesional dan bermartabat. Ini sudah menjadi konsekuensi karena bergabung dengan tim pemenangan PAHAM serta menghormati undang undang Pers,” terang Ai Mangindaan calon Wakil Walikota Manado.(redaksi)

Author: redaksi Indosulut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *