Jika Terpilih, MOR-HJP Janji Benahi Pasar di Manado

Mor Bastiaan saat mengikuti debat calon walikota Manado 2020

MANADO – Keadaan Pasar di Kota Manado menjadi salah satu isu menarik yang diangkat dalam Debat Publik tahap II Calon Wali Kota Manado.

Salah satu yang menarik adalah pertanyaan Calon Wali Kota Manado nomor urut 2 Sonya Selviana Kembuan kepada Calon Wali Kota Manado nomor urut 3 Mor Dominus Bastiaan, terkait buruknya kondisi Pasar Bersehati Manado saat ini.

Menjawab itu, Calon Wali Kota Manado Mor Dominus Bastiaan menegaskan bila dia dan Hanny Jost Pajouw (HJP) terpilih nanti, akan memperbaiki sejumlah sektor di Pasar Bersehati.

“Pasar Bersehati harus kita benahi. Itu adalah prinsipnya. Pasar yang ada saat ini sudah tidak layak, baik bagi penjual maupun bagi pembeli. Apalagi di masa pandemi Covid-19, tentu kita ketambahan lagi spesifikasi yang harus kita lakukan agar supaya pasar ini bisa dijalankan protap kesehatan yang ada,” ujar Mor Bastiaan.

Lebih rinci dijelaskan Bastiaan, hal-hal yang harus pihaknya lakukan kedepan pertama-tama adalah memperhatikan kesejahteraan pedagang.

“Pertama adalah menurunkan sewa lapak/kios dan semua biaya yang ada di Pasar Bersehati yang dikenakan kepada para pedagang. Agar supaya pedagang disana bisa mendapat keuntungan di era Covid-19 saat ini, bukan dengan beban yang lebih besar. Bukan dengan biaya dari pagi, siang sampai malampun ada biaya yang perlu untuk kita buatkan satu pintu satu biaya,” janjinya.

Kemudian, lanjut Bastiaan, akan ada penataan pasar ini dengan baik.

“Kalau pedagangnya sudah kita tata maka pasar ini baik fasilitas dan infrastruktur harus kita atur dengan baik agar supaya bisa tercipta kenyamanan baik penjual dan pembeli yang ada. Sehingga pasar bukan hanya menunjang masyarakat Kota Manado tetapi juga bagi wisatawan yang datang. Kita semua sepakat Kota Manado adalah kota pariwisata, sehingga perekonomian yang ada lebih kita fokuskan pada pariwisata termasuk pasar yang menunjang pariwisata. Sehingga turis bisa nyaman berbelanja disana,” tegasnya.

Namun, dibalik itu semua, kata Bastiaan, apa yang sudah dijalankan saat ini harus dipertahankan dan perbaiki yang kurang.

“Saat ini saya hanya sebagai fungsi pengawasan, dan apa yang dilakukan pengambil keputusan harus saya dukung karena saya masih menjabat sebagai Wakil Wali Kota Manado,” tutupnya.

(Redaksi)

 

Author: redaksi Indosulut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *