KKT Sulut Gelar Ibadah Paskah dan Peresmian Rumah Tongkonan

 

MANADO – Kerukunan Keluarga Toraja (KKT) Sulut menggelar ibadah paskah sekaligus peresmian rumah tongkonan pertama yang ada di Kota Manado, yang digelar di Jalan Ringroad Dua, Kelurahan Buha, Kecamatan Mapanget, Kota Manado, Sabtu (10/4/2021).

Sebelum ibadah dimulai, acara diisi dengan prosesi adat Rambu Tungka atau pengasapan rumah tongkonan yang baru akan diresmikan. Setelahnya, Ibadah Paskah pun berlangsung yang dipimpin oleh pendeta Honey Sirapanji M.Th.

Setelah ibadah, Wali Kota Manado G.S.Vicky Lumentut meresmikan rumah tongkonan dan diikuti penandatanganan prasasti.

“Rumah tongkonan ini menjadi lambang lestarinya kerukunan antar suku dan agama yang ada di Kota Manado. Rumah ini bukan hanya sekedar bangunan, tetapi ada jiwa dan keberagaman yang terjalin didalamnya. Semoga warga toraja yang ada di Manado bisa menggunakan rumah ini sebagai rumah bersama,” kata Wali Kota Manado.

Sementara itu, dalam sambutannya Ketua panitia pelaksana Yasir Talukbua mengucapkan terima kasih kepada seluruh tokoh yang sudah memberikan sumbangsinya dalam pembangunan rumah tongkonan.

“Ini adalah berkat yang tak ternilai bagi warga Manado asal toraja, akhirnya kita semua bisa memiliki rumah tongkonan di tempat ini. Tentu juga atas campur tangan Tuhan melalui bapak Wali Kota Manado yang sudah memberikan kami tempat berdirinya rumah tongkonan ini.Sebagai Ketua Panitia saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh partisipan yang sudah membantu untuk pembangunan rumah tongkonan ini,” ujar Yasir Talukbua.

Sementara itu, anggota DPRD Manado yang juga masuk dalam keluarga besar KKT Sulut Jurani Rurubua, mengapresiasi seluruh pihak yang membuat acara Ibadah Paskah dan peresmian rumah tongkonan.

“Rumah ini impian bagi warga Sulut asal Toraja. Terima kasih saya ucapkan kepada Wali Kota Manado yang telah memberikan andil yang besar bagi KKT dalam bentuk lahan yang dimanfaatkan untuk membangun rumah tongkonan ini. Dari sekian banyak pemimpin Kota Manado baru bapak Vicky (walikota) yang memberikan hibah tanah ini untuk kita semua. Ini berkat Tuhan bagi kita semua, haris kita syukuri,” ujar Jurani. (Auddy Manoppo)

Author: redaksi Indosulut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *