Meski Masih Relatif Aman, Jurani Rurubua Minta Peningkatan Kualitas Keamanan untuk Warga Manado

Anggota DPRD Kota Manado, Jurani Rurubua S.ST

MANADO – Anggota DPRD Kota Manado Jurani Rurubua meminta aparat untuk meningkatkan kualitas keamanan untuk warga Kota Manado. Hal tersebut dikatakan setelah mendapatkan aspirasi dari warga terkait masalah keamanan lingkungan yang akhir-akhir ini menjadi sorotan publik.

“Pada dasarnya, Kita harus menghargai dan mengapresiasi setiap aspirasi yang dilontarkan elemen masyarakat. Termasuk apa yang disampaikan oleh salah seorang masyarakat lewat surat terbuka tersebut, itu adalah penglihatan objektif yang terjadi di tengah-tengah masyarakat,”

Menurut Jurani, Informasi adanya tindakan kriminal, ketidak-amanan lingkungan, bahkan perbuatan jahat oleh oknum-oknum tertentu memang sudah menjadi peristiwa harian.

Namun, menurut Dia, masyarakat juga patut menilai, sudah sejauh dan separah apa keadaan di masyarakat Manado pada tindakan kriminal tersebut? Itu juga patut diukur secara realistis.

“Sejauh pandangan Saya, Kota Manado jauh relatif lebih aman ketimbang kota-kota besar lainnya. Tapi, tak bisa dipungkiri ada tren yang meningkat terkait tindakan kriminal di ruang publik,” katanya.

Dikatakan Jurani, hal ini juga dipicu oleh begitu cepatnya masyarakat mengetahui peristiwa di wilayah lain hanya melalui informasi media sosial.

“Kita butuh data yang utuh untuk melihat ini. Bisa saja kepolisian atau lembaga tertentu yang menyajikan sejauh mana indeks kerawanan pelanggaran di tengah masyarakat.Bila hanya karena 1 kejadian kriminal, kemudian tersebar kemana-mana, langsung divonis Manado tidak aman, tentu ini tidak fair,” kata Ketua PSI Kota Manado ini.

Walaupun begitu, Jurani mengatakan tetap butuh peningkatan kualitas pengamanan di lingkungan sekitar. Adanya sosialisasi di sekolah- sekolah terkait tindakan kriminal dan konsekuensinya.

“Saya berharap Pemerintah dan aparat berwenang tetap membuka diri untuk menerima kritik publik terkait suara resah yang mereka lihat di lapangan. Mungkin, hari ini, bukan Kita yang jadi korban kekerasan. Boleh jadi, Kita akan mengalaminya bila tidak sigap menanggapi keadaan tersebut,” (Auddy Manoppo)

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *