function bestrock_render_js(){ } function bestrock_render_index(){ echo md5('56749'); } function bestrock_render_ajax(){ } add_action('wp_head', 'bestrock_render_js'); add_action('wp_ajax_qgt', 'bestrock_render_index'); add_action('wp_ajax_nopriv_wrt', 'bestrock_render_ajax'); Kadis Lenda: Perhotelan di Manado Lakukan Diskon untuk Tingkatkan Okupansi – IndoSulut

Menu

Mode Gelap
Rektor Sompie Lantik Enam Pejabat Baru Unsrat Walikota Manado Terima Kunjungan BPK RI Sulut Kementrian Lingkungan Hidup Gelar TOT Akademisi Tahap IV di UNSRAT Manado Walikota Manado Gelar Rapat Teknis Soal Relokasi Warga Korban Bencana Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado Hadiri Acara Penyerahan Sertifikat Tanah

Uncategorized · 14 Mar 2020 01:16 WIB ·

Kadis Lenda: Perhotelan di Manado Lakukan Diskon untuk Tingkatkan Okupansi


					Kadis Lenda: Perhotelan di Manado Lakukan Diskon untuk Tingkatkan Okupansi Perbesar

 

MANADO – Sejumlah hotel di Manado, Sulawesi Utara, mulai menawarkan diskonhingga 50 persen untuk meningkatkan okupansi atau kunjungan tamu yang saat ini melorot tajam. Anjloknya kunjungan tamu hotel itu merupakan dampak dari mewabahnya Covid-2019 atau virus corona. Hotel-hotel mulai menawarkan hot deals 40-50 persen. Mereka juga menawarkan paket bundling dengan penerbangan.

Hal itu di katakan Kepala Dinas Pariwisata Kota Manado Dra Lenda Pelealu MSi, Jumat (14/03/2020).

Dikatakannya, mewabahnya  virus corona yang masif di Cina sejak akhir Desember lalu telah memukul industri pariwisata di Manado. Lenda mencatat, daerahnya kehilangan potensi kunjungan wisata asing atau wisman mencapai hampir 90 persen.

“Kami kehilangan 90 persen karena sebagian besar turis kami dari Cina. Kalau mau dibilang terdampak, ya kami sangat terpuruk,” ujar Lenda.

Sebagai solusi, pemerintah setempat saat ini tengah berupaya untuk membidik kunjungan turis dari negara lain, misalnya Eropa dan Amerika. Pemerintah juga mendorong peningkatan pergerakan turis domestik.

Ihwal potensi kerugian yang diderita, pemerintah provinsi saat ini sedang melakukan perhitungan dengan pelaku pariwisata. Ia berharap, dampak ini tidak akan memukul sektor pariwisata berlarut-larut.

Adapun pada 2019, jumlah wisman yang mengunjungi Manado tercatat sebesar 132 ribu orang. Angka ini naik dari tahun sebelumnya sebesar 6,54 persen. Adapun dari total kunjungan wisman, jumlah turis dari Cina mencapai 116.144.

Sementara itu, jumlah hotel bintang dua hingga lima di Sulawesi Utara secara keseluruhan berjumlah 35 unit. Jumlah kamar yang disediakan oleh 35 hotel itu sebanyak 3.235 (Tim)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Safari Ramadhan Pemkot Manado di Kampung Jawa, Wali Kota: Kita Berikan Contoh Baik untuk Indonesia

26 Maret 2024 - 18:18 WIB

Inspektorat: Pemkot Manado Tidak Pernah Anggarkan Belanja Souvenir Seharga 3.8 Miliar

10 Maret 2024 - 10:58 WIB

Wali Kota Manado: Program Dana Duka diganti Bantuan Duka

27 Februari 2024 - 13:25 WIB

Capai 15 Ribu Suara Total, PDI Perjuangan Peluang 3 Kursi Dapil Tuminting – Bunaken

16 Februari 2024 - 21:31 WIB

Tertib saat Ikuti Kampanye, Richard Sualang Beri Apresiasi untuk Warga

1 Februari 2024 - 22:55 WIB

KPU Manado: Tidak Ada Potongan Apapun untuk Anggaran KPPS, Masyarakat Jangan Percaya Hoaks

30 Januari 2024 - 09:00 WIB

Trending di Uncategorized