Menu

Mode Gelap
Rektor Sompie Lantik Enam Pejabat Baru Unsrat Walikota Manado Terima Kunjungan BPK RI Sulut Kementrian Lingkungan Hidup Gelar TOT Akademisi Tahap IV di UNSRAT Manado Walikota Manado Gelar Rapat Teknis Soal Relokasi Warga Korban Bencana Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado Hadiri Acara Penyerahan Sertifikat Tanah

Uncategorized · 24 Sep 2022 22:04 WIB ·

Unsrat – UT Kerja Sama Pengembangan Perkuliahan Online


 Unsrat – UT Kerja Sama Pengembangan Perkuliahan Online Perbesar

MANADO – Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) bekerjasama dengan Universitas Terbuka (UT) dalam pengembangan perkuliahan daring atau online.

Kolaborasi ini dituangkan dalam perjanjian kerja sama yang ditandatangani di Universitas Terbuka, Tangerang Selatan, Jumat (24/9/2022).

“Penandatanganan kerja sama ini merupakan tindak lanjut dari arahan bapak Menristekdikti pada 2017 yakni Bapak Mohammad Nasir yang meminta UT bekerja sama dengan perguruan tinggi akademik,” ucap Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama Universitas Terbuka Rahmat Budiman.

Langkah kongkret kerja sama diantaranya adalah terkait pelatihan bagi para dosen atau Training of Trainers (ToT),” tambah Rahmat.

Rahmat mengungkapkan pada tahap awal fokus pada pelatihan bagi para dosen untuk melakukan pembelajaran daring.

UT, kata Rahmat, akan memberikan praktik baik terkait pembelajaran jarak jauh.

Pihak UT sendiri telah mengundang para dekan untuk mengidentifikasi program studi mana yang dapat untuk menjadi bahan pembelajaran jarak jauh.

“Selain itu juga ada penelitian dan pengabdian masyarakat. Kami yakin di Universitas Sam Ratulangi juga banyak dosen dan profesor yang mumpuni dalam pelatihan dan bisa bekerja sama dengan dosen-dosen UT,” jelas Rahmat.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Penganggaran dan Kerja sama Universitas Sam Ratulangi, Sangkertadi, mengatakan pelatihan itu merupakan upaya kampusnya agar dapat membekali dosen dengan kemampuan yang sesuai perkembangan revolusi industri 4.0.

Selain pengembangan dosen, lanjut Sangkertadi, juga dilakukan desain dan pengembangan program pembelajaran pada Universitas Sam Ratulangi.

“UT sebagai leader-nya pendidikan jarak jauh menjadi salah satu latar belakang kami bekerja sama dengan UT,” kata Sangkertadi.

Rencananya, sekitar 30 persen dosen akan diikutsertakan dalam TOT kemampuan dosen secara bertahap.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Capai 15 Ribu Suara Total, PDI Perjuangan Peluang 3 Kursi Dapil Tuminting – Bunaken

16 Februari 2024 - 21:31 WIB

Tertib saat Ikuti Kampanye, Richard Sualang Beri Apresiasi untuk Warga

1 Februari 2024 - 22:55 WIB

KPU Manado: Tidak Ada Potongan Apapun untuk Anggaran KPPS, Masyarakat Jangan Percaya Hoaks

30 Januari 2024 - 09:00 WIB

Tinjau Pembangunan Infrastruktur, Wali Kota Manado Kunjungi Pasar Tematik Tongkaina

29 Januari 2024 - 15:12 WIB

Orasi Saat Hujan Deras, Steiven Zeekeon Tetap Semangat Sampaikan Visi Misi

20 Januari 2024 - 13:25 WIB

Gawat, Aksi Kampanye HBL di Pasar Bersehati Tidak ada Izin

20 Januari 2024 - 10:28 WIB

Trending di MANADO