Menu

Mode Gelap
Rektor Sompie Lantik Enam Pejabat Baru Unsrat Walikota Manado Terima Kunjungan BPK RI Sulut Kementrian Lingkungan Hidup Gelar TOT Akademisi Tahap IV di UNSRAT Manado Walikota Manado Gelar Rapat Teknis Soal Relokasi Warga Korban Bencana Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado Hadiri Acara Penyerahan Sertifikat Tanah

MANADO · 7 Feb 2024 22:13 WIB ·

Bawaslu Manado Diduga Kebablasan Awasi Kampanye Prabowo di Lapangan Koni


 Bawaslu Manado Diduga Kebablasan Awasi Kampanye Prabowo di Lapangan Koni Perbesar

MANADO – Kinerja Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Manado dalam melakukan pengawasan tahapan kampanye partai politik di Kota Manado diduga jebol.

Itu terjadi saat mereka melakukan pengawasan kampanye Calon Presiden Prabowo Selasa (5/8) di lapangan KONI Sario Manado, yang belakangan bermasalah dalam hal ijin yang melewati batas waktu.

Pengamat politik Sulawesi Utara, Taufik Tumbelaka mengatakan, kesigapan pihak Bawaslu dalam mengantisipasi kampanye harus ditingkatkan.

“Bawaslu harus mengantisipasi ini, jangan akan menjadi preseden buruk ke depan. Ini menjadi catatan tersendiri diantisipasi Bawaslu. Nanti pelanggaran seperti itu akan menjadi suatu yang lumrah ke depan,” ujar Tumbelaka, Rabu (07/02).

Diapun mengatakan, Bawaslu harusnya mengantisipasi segala kemungkinan yang akan terjadi di lapangan.

“Ini menjadi catatan kritis kami untuk pihak Bawaslu. Jangan sampai melanggar aturan waktu kampanye menjadi suatu yang biasa saja. Harusnya Bawaslu merencanakan sejak awal, jangan seperti kejadian itu, ” tukasnya.

Tumbelaka juga berujar, Bawaslu terkesan kecolongan dalam kampanye tersebut. “Ini sudah terjadi, jangan sampai hal ini terjadi lagi ke depan.Ini Artinya Bawaslu kurang mengantisipasi hal tersebut terjadi. Dan yang pasti Bawaslu itu kecolongan,” ujar dia.

Diketahui, Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP) Kampanye Prabowo yang dikeluarkan kepolisian menyebut bahwa waktu penyelenggaraan kegiatan tersebut yaitu pukul 13.00-17.30 WITA. Hanya saja belakangan terinformasi kegiatan tersebut melewati batas waktu sesuai STTP.

Komisioner Bawaslu Manado Heard Runtuwene, sebelumnya menjelaskan pihaknya sudah melakukan pencegahan saat Prabowo akan tampil orasi. “Ada rekaman videonya kami sudah naik ke atas panggung lakukan pencegahan,” papar Heard.

Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Dapil Sario – Malalayang Membara, Peluang Rebut 6 Kursi DPRD Manado

16 Februari 2024 - 12:51 WIB

Terkait Video Viral Pemindahan Kotak Suara ke Graha Gubernuran, Ini Kata KPU Manado

16 Februari 2024 - 11:31 WIB

Data Real Count 47 Kelurahan Masuk, Bang Ai Unggul Jauh atas Royke Anter

16 Februari 2024 - 01:06 WIB

Penyebar Postingan Potongan Anggaran Bimtek KPPS Sampaikan Permohonan Maaf untuk KPU Manado

2 Februari 2024 - 15:21 WIB

Hujan – hujanan Bersama Warga di Manado, Ganjar Pranowo Mengaku Rasakan Gelombang Kemenangan

1 Februari 2024 - 21:30 WIB

Partai Lain Kalah Telak, PDI Perjuangan Dinilai Paling Siap Hadapi Pemilu 2024

28 Januari 2024 - 23:26 WIB

Trending di MANADO